Rabu, 06 April 2011

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan

Akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis karena merupakan suatu alat untuk menyampaikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang memerlukannya. Semakin baik kita mengerti bahasa tersebut, maka semakin baik pula keputusan kita, dan semakin baik kita didalam mengelola keuangan. Untuk menyampaikan informasi-informasi tersebut, maka digunakanlah laporan akuntansi atau yang dikenal sebagai laporan keuangan. Laporan keuangan terdiri atas neraca, laporan perhitungan laba rugi dan laporan – laporan lain yang dimuat dalam lampirannya, antara lain laporan mengenai sumber dana dan penggunaanya. Pengertian akuntansi meliputi pengertian yang mencakup proses akuntansi yang tidak dapat dilakukan tanpa keruntutan proses.

Produk akuntansi berupa laporan keuangan meliputi dua laporan yaitu neraca/balance sheet dan laporan rugi-laba atau loss and income statement. Dari kedua laporan tersebut dapat disusun laporan perubahan modal secara periodik.

Laporan keuangan disusun dan disajikan sekurang – kurangnya setahun sekali atau berperiodik untuk memenuhi kebutuhan sejumlah besar pemakai. Dengan demikian laporan keuangan bersifat umum, artinya tidak dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pihak tertentu. Laporan keuangan menunjukkan apa yang telah dilakukan pimpinan perusahaan serta pertanggungjawaban manejemen atas apa yang telah dilaksanakan. Hal itu berarti laporan keuangan ini bersifat historis atau pencatatan keuangan mengenai kejadian yang telah lewat.

http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar